h1

SQ3R

September 30, 2009

Strategi SQ3R ( Survey, Question, Reading, Recite dan Review) merupakan salah satu strategi belajar.

S : Survey. Survey dilakukan dengan cara membaca sekilas mulai dari nama pengarang, , judul buku/ judul bacaan, subjudul, sub-subjudul , kalimat inti dalam setiap paragraph, dan grafik, gambar, peta, kata atau kalimat dengan huruf tebal (bold) dan seterusnya.

Q : Question/Pertanyaan. Sebelum membaca mahasiswa membuat pertanyaan (Q/question ) tentang apa yang ingin diketahui dari buku/artikel sesuai dengan kompetensi atau apa yang ingin dicapai. Secara umum membuat pertanyaan dengan cara, sebagai berikut :

1. Mengubah judul menjadi pertanyaan.
2. Mengubah subjudul/sub-subjudul menjadi pertanyaan.
3. Mengubah kalimat inti dalam paragraf menjadi pertanyaan.
4. Buatlah pertanyaan dan Kolom kedua berisi jawaban. Pertanyaan dan jawaban ditulis dengan kalimat sendiri.
R1 : Reading (membaca). Kegiatan membaca dilakukan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan sebelumnya. Mahasiswa membaca (reading/R1) naskah dari buku/artikel. Tujuan membaca adalah mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sebelumnya, sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai sebagaimana yang tercantum dalam Silabus (mengacu pada : standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator).

Contoh :

Bab II- Hak dan Kewajiban Warga Negara

Pertanyaan dan Jawaban

1. Apa itu hak ? Hak adalah kuasa atau wewenang moral, dimana orang lain wajib mengakui dan menghormati bila dituntut.

2. Berikan contoh, tentang “hak” ! Hak untuk berbicara, hak untuk memeluk agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, hak untuk mendapatkan pendidikan dll.

3. Apa akibatnya jika hak warga negara tidak dipenuhi oleh negara ? Jika hak warga negara tidak dipenuhi oleh negara dapat menimbulkan ketidak adilan dan rasa tidak percaya warga negara terhadap negara, bahkan dapat menimbulkan konflik , yang akibat lebih lanjutnya adalah terganggunya persatuan dan kesatuan bangsa.

R2 : Recite (mengulang). Setelah jawaban diperoleh mahasiswa, harus membaca ulang (recite) dengan suara keras.

R3 : Review. Langkah terakhir, mahasiswa melakukan review (R3), yaitu mengulang pertanyaan dan jawaban setelah hari pertama, hari kedua, atau setelah satu minggu, hingga saat sebelum ujian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: